Langsung ke konten utama

Sistem Informasi

HAI SOBAT ...
Kali ini saya akan membahas seputar sistem informasi secara jelas dan singkat.

Pengertian Sistem Informasi
Sistem informasi yaitu suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, dimana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang terorganisasi.

Menurut John F. Nash Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat

Menurut Henry Lucas Sistem Informasi adalah suatu kegiatan dariprosedurprosedur yang diorganisasikan, bilamana dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam.

Sebagai contoh: Perusahaan toko buku mempunyai sistem informasi yang menyediakan informasi penjualan buku-buku setiap harinya, serta stock buku-buku yang tersedia, dengan informasi tersebut, seorang manajer bisa membuat kebutusan, stock buku apa yang harus segera mereka sediakan untuk toko buku mereka, manajer juga bisa tahu buku apa yang paling laris dibeli konsumen, sehingga mereka bisa memutuskan buku tersebut jumlah stocknya lebih banyak dari buku lainnya.

Karakter Sistem Informasi
1.        sistem informasi memiliki komponen yang berupa subsistem yang merupakan elemen-elemen yang lebih kecil yang membentuk sistem informasi tersebut misalnya bagian input, proses, output. Contoh input adalah salesman memasukan data penjualan bulan ini, maka disana terdapat manusia yang melakukan pekerjaan input dengan menggunakan hardware keyboard dan menggunakan interface sebuah aplikasi laporan penjualan yang sudah di sediakan oleh sistem informasi tersebut.
2.        ruang lingkup sistem informasi yaitu rung lingkup yang ditentukan dari awal pembuatan yang meupakan garis batas lingkup kerja sistem tersebut sehingga sistem informasi tersebut tidak bersinggungan dengan sistem informasi lainnya.
3.        tujuan sistem informasi adalah hal pokok yang harus ditentukan dan dicapai dengan menggunakan sistem informasi tersebut, sebuah informasi dianggap berhasil apabila dapat mencapai tujuan tersebut.
4.        lingungan sistem informasi yaitu sesuatu yang berada diluar ruang lingkup sistemm informasi yang dapat mempengaruhi sistem informasi, hal ini urut dipertimbangkan pada saat perencanaann sistem informasi. Sisistem informasi dikembangkan untuk tujuan yang berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan bisnis.


Sekian pembahasan dari saya mengenai sistem informasi. Semoga bermanfaat 😃😃

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Database, Record, dan Field dalam Matahari Member Card

HAI SOBAT ... Kali ini waktunya saya menjelaskan mengenai Database, Record, dan Field dalam Matahari Member Card secara jelas dan singkat. Basis data  (database) adalah  kumpulan fakta yang mewakili suatu objek, misalnya seperti manusia, barang dan sebagainya yang direkam ke dalam bentuk huruf, angka, simbol, teks, bunyi, gambar ataupun kombinasinya. Jadi dapat disimpulkan basis data adalah kumpulan terorganisasi dari data-data yang saling berhubungan sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah disimpan, dimanipulasi, dan dipanggil oleh pemakainya. Record  adalah   kumpulan  field  yang sangat lengkap, dan biasanya dihitung dalam satuan baris.   Tabel adalah   merupakan kumpulan dari beberapa  record  dan juga  field .   File   adalah   terdiri dari record-record yang menggambarkan dari satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya seperti file nama barang berisikan data tentang semua nama barang yang ada. ...

#UPAPSIUAS Jawaban No. 1 BISNIS PROSES FLOWCHART APOTEK SETIABUDHI

HAI SOBAT ... Kali ini saya akan menjawab soal UAS no 1 1a. Level 1 : SPC (Supplier - Perusahaan - Customer) - Putih Level 2 : P - Sales - Purchase - HRD - Hijau Level 3 : Detail masing-masing modul- (bisnis proses) - biru Level 4 : Odoo - Menu utama - sub menu (sub bisnis proses) - kuning Level 5 : Oddo - transaksi - form (screen shoot odoo) - pink Sekian jawaban no 1 saya semoga bermanfaat ^^

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) ASET SEVIMA

HAI SOBAT ... Kali ini waktunya saya menjelaskan mengenai Sistem Informasi Manajemen (SIM) Aset SEVIMA secara jelas dan singkat. Sistem Informasi Manajemen tau  SIM  ( management information system, MIS ) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu  strategi bisnis.(wikipedia) Dari video diatas, bahwa Sistem Informasi Manajemen Aset adalah sistem yang mengelola harta, kekayaan, dan modal dalam sebuah perusahaan, instansi, maupun perguruan tinggi. Selain itu, sistem ini juga mengelola barang persediaan dan juga barang habis pakai. Dalam Sistem ini mengelola : Aset tetap Keluar masuk barang persediaan atau barang habis pakai Keunggulan Sistem Informasi Manajemen Aset SEVIMA : Mengadopsi jenis barang yang sudah diimplementasikan di sistem departemen keuangan...